Perintah telnet yang ada di ONT ZTE

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah seting modem adsl speedy melalui telnet, yang tampilannya berupa sebarisan perintah namun lebih kuat kegunaannya dibandingkan seting melalui GUI yang disediakan yang biasa dibuka melalui web browser. ada beberapa kelebihan yang anda bisa dapatkan jika anda mahir dalam menseting modem melalui telnet. misal username untuk login bisa diganti sesuka anda , dimana fitur ini tidak ada di tampilan GUI saat membuka di web browser, setingan wifi yang bisa kita ubah-ubah, dan lain-lain. tetapi di sini saya akan mencoba untuk telnet ke salah satu perangkat FO baru dari TELKOM yang sekarang ini sudah banyak terdapasang di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya ONT ZTE F660 v3. sebelum masuk ke perintah yang akan kita coba , pertama kita harus login dlu ke ONT dengan telnet dengan langkah berikut:
1. buka “start”
2. ketik di kotak pencarian “Search Program and Files” dengan kata “cmd”
3. tekan enter
4. maka akan tampil jendela baru berwarna hitam, kemudian ketik “telnet 192.168.1.1”
5. maka akan diminta untuk memasukan username dan password masukan parameter berikut:
– username –> root
-password –> Zte521
maka akan tampil seperti gambar berikut:
telnet
jika tampilan di atas sudah muncul langkah berikutnya adalah memasukan perintah-perintah yang ingin kita gunakan. Berikut perintah-perintah yang mendasar yang saya ketahui saat ini:

1. cat /proc/cpuinfo –> menampilkan informasi dari CPU yang digunakan
2. cat /proc/meminfo –> menampilkan besar memori yang digunakan untuk proses tertentu
3. cat /proc/version –> menampilkan versi Linux yang digunakan dalam system di ONT
4. ps –> menampilkan sederetan proses yang sedang berjalan
5. lsmod –> Menampilkan seluruh modul kernel yang ada
6. ifconfig –> Menampilkan seluruh deretan dari interface network
7. route –> Menampilkan default routing
8. iptables -L -n –> menampilkan Iptables firewall rules
9. reboot –> untuk mereebot router (hanya reboot tidak menghilangkan setingan)
10. cat /temp/ppp/options.oe0 –> menampilkan username dan password speedy yang ada pada ONT
11. cat /temp/hosts –> untuk melihat devices yang terkoneksi beserta ip-nya

12. sendcmd 1 DB p UserInfo –> untuk melihat user dan password login ke ONT F660

13. sendcmd 1 DB p DevAuthInfo –> untuk melihat user dan password login ke ONT F609

jika anda ingin mencoba satu persatu peirntah yang ada pada ONT, Semua perintah ada pada folder /bin/ /usr/bin /sbin .

Perhatian untuk windows 7 ke atas perintah telnet ditutup, untuk membukanya bisa cek link berikut

Mengaktifkan perintah telnet

45 thoughts on “Perintah telnet yang ada di ONT ZTE

  1. selamat siang,
    numpang tanya gan. saya pakai zte f660 klo konek pake browser melalui ip publik gak bisa kira2 setingnya dmn ya? saya coba konek pake telnet sesuai panduan agan bisa masuk.
    terima kasih

    1. Setau saya untuk ONT ZTE F660 tidak memancarkan sinyal wifi.id, saya belum menemukan ssid wifi.id di ONT F660. jd saya belum bisa untuk mensolusikannya

  2. sy sudah coba spt petunjuk tp blm bs jg. Di cmd dikatakan perintah telnet tidak dikenal. Sy mempergunakan windows *.1

  3. Pak, saya lihat spec port LAN dari ZTE ZXA10 F660 itu gigabit tapi si klien yang NICnya gigabit dapatnya fast ethernet (100mbps). Kabel yang digunakan CAT5e, pernah juga coba konek dengan CAT6 tapi tetap saja 100mbps.

    Saya penasaran untuk tahu speed yang ditawarkan ke klien, kalau di linux bisa pakai ethtool / mii-tool. Apakah bapak tahu perintah untuk hal ini?

    Pengennya nuker modem ke telkom cuma enggak tahu bisa apa enggak🙂

    Terima kasih.

    1. Klo secara hardware saya blm pernah coba walaupun di klien terbaca 100mbps, tetapi klo secara speedtest akan berbeda sekali hasilnya , contoh anda berlangganan 100Mbps internet anda gunakan LAN 2,3,4 atau wifi untuk internet hasilnya speed tidak akan sampai 100Mbps paling mentok di 50Mbps.

  4. Gan saya mau nanya, saya sudah masuk ke telnwt, sudah masukan root dan password

    Kwtika saya buka
    cat /temp/ppp/options.oe0 (o e nol) tulisannya no such file or directory kenapa ya?

    Tengkiu gan

      1. Nanya lagi gan…

        Setelah saya command ls ada webpage, dev bin dll

        Saya cobain 1-1 dapet PPP di
        “Ls dev”
        Ada di 1 pilihannya yaitu PPP

        Trus cara buka file PPPnya (untuk lihat id dan password speedy nya lg gimana gan?

        Thanks berat gan
        Sambil nyahur sambil nge kompi

  5. Jika ingin remote Modem ZTE f660 dari Internet, jaringan luar Modem, Gimna caranya / saya coba gunakan portforwading jg gak bisa

    1. rubah setingan firewall menjadi midle dan buang ceklist enable anti hacknya. tetapi sangat berbahaya karena jika ada yang tau ip publik anda, bisa2 nanti ada yang masuk ke setingan ONT.

    1. Maaf mas untuk ONT F660 tidak bisa diseting bridge melalui ONT nya sendiri namun harus menghubungi pihak telkom agar di sisi OLT (perangkat yang ada di telkom) di seting secara bridge.

    1. maaf gan mungkin maksud anda passwordnya tak terlihat (biasanya terlihat bintang / bulat) tp klo unutk masalah ini memang tak nampak seolah2 tidak ada reaksi namun sebenarnya password sudah diisi walaupun tidak ada perubahan dalam pengisian password

  6. permisi.
    mau nanya. pernah ngalamin kendala seperti saya.
    internet sering putus.
    setelah saya telusuri. saya ping ke ip local modem ini menggunakan kabel langsung ke modem. sering sekali putus. ada sekitar 10detik RTO, lalu reply lagi sekitar 1menit. lalu RTO lagi 10 detik. begitu seterusnya.
    saya udah coba menggunakan beberapa kabel, dan mengganti laptop. hasilnya tetap sama.
    Saya juga sudah restart modem berkali-kali dan coba pindah2 port 1-3. hasilnya tetap sama.
    apakah mungkin modem saya bermasalah?
    terima kasih

  7. Gan klo d blakang rumah ane kan ada wifi tetangga tapi nggx tau pasword nya apa,gimana ya cara nglihat nya,ade udh coba pke jumstart,wps dan dummper tpi nggx bisa jga,mhon pencerahan nya

  8. Gan, sebelumnya saya login tapi tiba” tidak bisa muncul seperti ini :

    [TELNET] FAIL: 192.168.1.1 – No connection could be made because the target machine actively refused it.
    Pencerahannya gan…..

  9. Mas gimana cara nya seting agar indihome ga ke hack udh di reset modem nya tu orang ttp bisa masuk malah di perbanyak wifi nya mau lapor kasian tetangga… padahal dia ga ada sentuh modem nya

  10. Mas klo mau lihat besarnya upstream ma downstreamnya lewat telnet perintahnya apa ya? soalnya klo lewat browser ga nemu2 ato memang ga ada. Cmn ingin ngecheck apakah bandwidthnya dah sesuai dengan yang dijanjikan indihomenya. Terima kasih

    1. Untuk melihat profile bandwith tidak bisa dilihat dari sisi ont krn paramater tersebut di setting di sisi OLT. Untuk memastikan upstream dan downstream bisa menggunakan speedtest

Leave a Reply

